Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah dalam hal ini mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri dan membuka secara langsung jalannya acara Sosialisasi Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis akrual di Aula Barakat Martapura, Selasa (15/11/2016).
Sosialisasi yang dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab ini diikuti 98 orang peserta.
Sekda Banjar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar selalu berupaya untuk terus mewujudkan tata kelola keuangan pemerintahan yang baik dan akuntabel. Salah satunya melalui penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual.
“Sebagaimana kita ketahui, akuntansi berbasis akrual ini adalah suatu basis akuntansi dengan transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi yang diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan saat terjadinya transaksi,†ucapnya.
“Kabupaten Banjar sudah mulai menerapkan akuntansi berbasis akrual ini. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan yaitu Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2015. Karena salah satunya dengan menyusun laporan keuangan yang benar dan akuntabel, serta sesuai ketentuan perundang-undangan. Sedangkan Penghargaan untuk WTP Tahun Anggaran 2014 pada saat itu masih berbasis kas menuju akrual,†jelas Nasrunsyah.
Ia juga mengharapkan kepada seluruh peserta agar memperhatikan materi yang disampaikan dengan sebaik-baiknya.
“Pertahankan penghargaan opini WTP sebagai komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Banjar,†pesan Sekda Banjar
Sebab sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi aparatur penyusunan laporan keuangan sehingga tersaji data laporan keuangan Pemerintah Daerah berbasis akrual dengan harapan opini wajar tanpa pengecualian (WTP)
“Tidak lupa , Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKP Perwakilan Kalimantan Selatan yang terus setia memberikan pendampingan, bimbingan, arahan untuk terus berbenah dalam mengelola keuangan yang lebih akuntabel dan transparan sesuai perundang-undangan yang berlaku,†pujinya.(pus/asep/151116)