Pemerintah Kabupaten Banjar menerima satu unit bus sekolah bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan yang diterima Bupati Banjar Khalilurrahman simbolis di Mahligai Sultan Adam Martapura.
Bantuan hibah bus sekolah tersebut diserahkan anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan M Rifqinizamy Karsayuda kepada bupati, Rabu disaksikan Sekda Banjar M Hilman, dan undangan lainnya.
“Kalsel paling banyak menerima hibah bus sekolah yakni sebanyak 11 unit dan disebar ke kabupaten dan kota seluruh Kalsel. Salah satunya adalah Pemkab Banjar sebagai penerima hibah,” ujar Rifqinizamy.
Ia mengatakan, Pemkab Banjar yang menjadi salah satu penerima hibah bus sekolah karena dinilai baik dalam tata kelola transportasi darat sehingga dinilai layak menerima hibah untuk menambah armada angkutan darat.
Disebutkan, selain kabupaten dan kota, bus hibah Kemenhub RI juga diserahkan kepada Universitas Lambung Mangkurat, UIN Antasari, Pondok Pesantren Nurul Muhibbin dan Pondok Pesantren Nurul Mustofa.
“Diharapkan, bus sekolah bantuan dari Kemenhub RI ini membantu Pemkab Banjar menambah armada bus bagi anak-anak sekolah sehingga mereka semangat belajar dan tidak perlu lagi dibebani biaya transportasi,” kata dia.
Bupati Banjar mengatakan, bus akan difungsikan tahun ini, dan meminta sarana transportasi itu benar-benar dimanfaatkan pelajar yang sekarang lebih banyak menggunakan sepeda motor sehingga lebih aman. “Pemkab Banjar sangat mendukung transportasi massal, khususnya bagi anak sekolah karena mengurangi kemacetan lalu lintas sekaligus bisa meningkatkan keselamatan terhadap anak sekolah,” ujar dia.
Dikatakan, beroperasinya bus itu juga dapat mewujudkan (zero accident) karena salah satu penyebab angka kecelakaan tertinggi adalah anak sekolah yang masih di bawah umur dan belum layak mendapatkan SIM.
“Keberadaan bus angkutan sekolah juga mewujudkan program Pemkab Banjar melalui Dinas Perhubungan untuk pelayanan angkutan yang aman, nyaman, selamat dan murah bagi para pelajar di Kabupaten Banjar,” katanya.

Share