WEBINAR NASIONAL TERKAIT PENDIDIKAN DAN SEKALIGUS PELUNCURAN PLATFORM SAHABAT GURU BERSAMA MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI

Bupati Banjar H Saidi Mansyur secara virtual mengikuti Webinar Nasional terkait Pendidikian dan sekaligus peluncuran Platform Sahabat Guru bersama Menteri Komunikasi Dan Informatika RI Johnny G. Plate, Bupati Pasuruan H M Irsyad Yusuf, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan, tokoh pendidikan dan akedimisi, Selasa (26/10).

Webinar Nasional Pendidikan ini mengangkat tema Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, Dan Berkarakter Dalam Menghadapi Tantangan Global.

Sebagai kepala daerah yang mewakili Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia H Saidi Mansyur mengatakan Apkasi sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi diera digital.

Dijelaskannya, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini. melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya. Sebab, tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter.

Terkait hal itu disampaikannya Apkasi bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui Platform Sahabat Guru siap mengawal literasi digital di daerah diera digital sekarang.